Financial Feasibility Study Pemungutan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Menggunakan Sistem Parkir Elektronik: Study Kasus JI. M. Yamin Kota Padang

Rahmadi, Feno Surya (2021) Financial Feasibility Study Pemungutan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Menggunakan Sistem Parkir Elektronik: Study Kasus JI. M. Yamin Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FENO_SURYA_RAHMADI_17133032_3010_2021.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui pemungutan retribusi parkir di Jl. M. Yamin Kota Padang menggunakan sistem parkir elektronik layak secara financial atau tidak jika ditinjau dengan Metode Net Present Value (NPV), Metode Benefit cost ratio (BCR), Metode Internal Rate of return (IRR), dan Metode Pacback Period (PBP) Terdapat permasalahan yaitu pendapatan retribusi Parkir di tepi jalan umum yang tidak tergarap secara maksimal. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptip kuantitatif yang menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data Target dan Realisasi Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Untuk Tahun 2017-2019 yang diperoleh dari Badan Pendapatan Daerah Kota Padang, Jumlah Petak Parkir, Waktu Parkir, dan jumlah kendaraan yang parkir yang diperoleh dari pengamatan langsung dilapangan. Sedangkan data sekunder yaitu dimensi pengukuran financial feasibility study yang dipero leh dari buku jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem parkir elektronik layak karena memenuhi syarat untuk layak investasi yaitu NPV > 0, BCR > 1, dan IRR >suku bunga pinjaman dengan dua jenis skenario. Skenario pertama yaitu tarif progresif dengan menaikkan tarif pada 1 jam pertama untuk mobil sebesar Rp 4000 dan sepeda motor sebesar Rp. 2000, selanjutnya 1 jam berikutnya dikenakan tarif untuk mobil sebesar Rp. 2000 per jam dan sepeda motor sebesar Rp. 1000 per jam. Skenario kedua yaitu dengan menggunakan tarif yang ber laku saat ini dilapangan, untuk motor sekali parkir Rp. 2000 dan untuk mobil sekali parkir Rp. 5000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:27
Last Modified: 16 Feb 2022 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36961

Actions (login required)

View Item View Item