Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.

Permata, Miranda Yuza (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Kelas IV SD Negeri 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MIRANDA_YUZA_PERMATA_17129232_2308_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran masih berpusat pada guru terlihat peserta didik hanya menerima pembelajaran yang disampaikan guru, selain itu pendekatan atau model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik didalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif tipe Talking Stick kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes dengan menggunakan instrument terdiri dari lembar observasi RPP, aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada Semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SD N 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 9 peserta didik lakilaki. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif tipe talking stick. Hasil penelitian siklus I pada RPP memperoleh rata-rata 83,33% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan pelaksanaan aktivitas guru siklus I rata-rata 80,55% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan pelaksanaan aktivitas peserta didik siklus I rata-rata persentase 80,55% kualifikasi Baik (B) dan meningkat pada siklus II 91,67% kualifikasi Sangat Baik (SB). Penilaian hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh 79.58 kualifikasi Cukup (C) meningkat pada siklus II 90,29 kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan model kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:37
Last Modified: 15 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36934

Actions (login required)

View Item View Item