Ersepsi Siswa pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Kelas x Teknik Mekanik Industri di Smk Negeri 1 Pariaman terhadap Flipped Classroom

Jadenis, Denisa Putri (2021) Ersepsi Siswa pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Kelas x Teknik Mekanik Industri di Smk Negeri 1 Pariaman terhadap Flipped Classroom. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_DENISA_PUTRI_JADENIS_17067036_3946_2021.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SMK Negeri 1 Pariaman menggunakan metode pembelajaran flipped classroom. Penerapan metode tersebut ditemui kesulitan karena masih kurangnya motivasi, minimnya pengetahuan, respon dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa pada mata pelajaran PDTM kelas X TMI SMK N 1 Pariaman terhadap kelas terbalik. Teknik Proportional Random Sampling digunakan dalam penelitian ini, sebanyak 41 partisipan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TMI 1 dan X TMI 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif yang meliputi mean, modus, media, standar deviasi, dan frekuensi relatif persentase, setelah itu dilakukan uji syarat analisis dengan uji normalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Flipped Classroom. Hasil penelitian tentang persepsi siswa terhadap flipped classroom pada mata pelajaran PDTM Kelas X TMI SMK N 1 Pariaman dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori tinggi sebanyak 22 siswa (53,7%), kategori sedang sebanyak 19 siswa (46,3%), dan kategori rendah sebanyak 0 siswa (0%). Hasil ini menunjukkan sebagian persepsi siswa kelas X Teknik Mekanik Indusri pada mata pelajaran PDTM terhadap flipped classroom mempunyai respon yang baik diperoleh kategori tinggi (53,7%), Dapat disumpulkan bahwa metode flipped classroom efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:39
Last Modified: 14 Feb 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36879

Actions (login required)

View Item View Item