Analisis Perbedaan Minat Baca Sejarah Indonesia antara Siswa Peminatan IP A dengan Siswa Peminatan IPS Kelas XI SMA Negeri 1 Kubung

Putri, Latifa (2021) Analisis Perbedaan Minat Baca Sejarah Indonesia antara Siswa Peminatan IP A dengan Siswa Peminatan IPS Kelas XI SMA Negeri 1 Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_LATIFA PUTRI_17046070_4261_2021.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya perbedaan minat baca Sejarah Indonesia antara siswa kelas XI peminatan IPA dengan siswa kelas XI peminatan JPS di SMA Negeri 1 Kubung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan minat baca Sejarah Indonesia antara siswa peminatan IPA dengan siswa peminatan JPS kelas XI SMA N egeri 1 Kubung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat Expost Facto dengan jenis studi komparasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI pemintan IPA dan siswa kelas XI peminatan JPS sebanyak 278 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Proportionate Stratifield Random Sampling sehingga sampel diperoleh sebanyak 69 orang siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala Likert yang terdiri dari 25 item pemyataan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket secara langsung kepada siswa di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa minat baca Sejarah Indonesia siswa kelas XI peminatan IPA berada pada kategori sangat tinggi sebesar 8%, tinggi 19%, sedang 31 %, rendah 33%, dan sangat rendah 8%. Sedangkan minat baca Sejarah Indonesia siswa kelas XI peminatan JPS berada pada kategori sangat tinggi 12%, tinggi 21 %, sedang 27%, rendah 18% dan sangat rendah 21 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat baca Sejarah Indonesia siswa peminatan IPA dengan siswa peminatan JPS kelas XI SMA N egeri 1 Kubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:20
Last Modified: 11 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36868

Actions (login required)

View Item View Item