Pengembangan Media Video Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 41 Lubuklinggau.

Putri, Fritia Chairani (2021) Pengembangan Media Video Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 41 Lubuklinggau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FITRIA_CHAIRANI_PUTRI_17129030_2605_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran media pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran yang konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruang kelas. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit mamahami materi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengembagkan media video berbasis Sparkol Videoscribe pada pembelajaran tematik terpadu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 17 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 9 perempuan di kelas IV SDN 41 Lubuklinggau. Hasil penelitian pengembangan media video yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 90% untuk materi, 84% untuk kebahasaan dan 85% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis dengan hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 95,83%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 94%. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 81% dan ketuntasan 88,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video berbasis Sparkol Videoscribe pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD telah dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MEDIA VIDEO
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:20
Last Modified: 11 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36859

Actions (login required)

View Item View Item