Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Strategi SQ4R di Sekolah Dasar

Wahyuningsih, Harniati and Suhaili, Neviyarni and Suryana, Dadan (2021) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Berbasis Strategi SQ4R di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 5 (2). pp. 983-990. ISSN Print: 2580-3735 dan Online: 2580-1147

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dan menghasilkan bahan ajar membaca sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dalam pembelajaran tematik di kelas III SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian inimenggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap define, design, develop, dan disseminate. Kevalidan segi isi, bahasa, penyajian, kegrafikaan oleh validator ahli 3,64 dan validator praktisi pendidikan 3,68 dengan kategori sangat valid. Pratikalitas bahan ajar dilihat dari respon pendidik dengan rata-rata 3,64 respon peserta didik 3,57. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) yang dikembangkan layak digunakan di kelas III SD

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:36
Last Modified: 10 Feb 2022 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36833

Actions (login required)

View Item View Item