Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Hasibuan, Rahyana and Suryana, Dadan (2022) Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (3). pp. 1169-1179. ISSN Online: 2549-8959 - Print: 2356-1327

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Pengaruh Metode Eksperimen Sains.pdf

Download (354kB) | Preview
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Perkembangan kognitif sangat penting agar anak tersebut mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia disekitarnya. Permasalahan kognitif anak usia dini di TK Al Hikmah pada penelitian ini adalah terdapat anak dengan kemampuan kognitif yang rendah, anak terlihat kurang semangat dan juga kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh metode eksperimen terhadap perkembangan kognitif anak, metode yang dicobakan / treatment adalah metode eksperimen sains yaitu gelembung sabun warna dan botol berbunyi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan menggunakan clasical eperimental design, dengan acuan cluster sampel dengan jenis total sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah dua puluh dua anak yang masing-masing terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes perbuatan, dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap perkembangan kognitif anak.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:07
Last Modified: 10 Feb 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36826

Actions (login required)

View Item View Item