Pengaruh Media Sandpaper Letter terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang

Rahmadani, Fita and Suryana, Dadan and Sri, Hartati (2019) Pengaruh Media Sandpaper Letter terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6 (1). pp. 56-67. ISSN Print: 2337-8301 dan Online: 2656-1271

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_PENGARUH MEDIA SANDPAPER LETTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF.pdf

Download (770kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/v...

Abstract

Pengetahuan tentang huruf bagi anak bagi anak 4-5 tahun sangat penting untuk proses membaca dan menulis. Untuk merealisasikan pembelajaran mengenal huruf di perlukan media yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang dengan rata-rata hasil kemampuan mengenal huruf anak kelas eksperimen (A1) yang dilakukan dengan media sandpaper letter lebih tinggi dibandingkan anak di kelas kontrol (A2) yang dilakukan dengan media kartu huruf yaitu 78,25 kelas eksperimen dan dikelas kontrol adalah 71,25. Dengan demikian media sandpaper letter terbukti berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Dimana pada kelas eksperimen anak dapat mencapai nilai tertingginya yaitu 93,75 dan sedangkan di kelas control nilai tertinggi anak hanya mencapai 81,25.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:04
Last Modified: 10 Feb 2022 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36825

Actions (login required)

View Item View Item