Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 25 Gadut Kabupaten Agam.

Firstyandika, Fariz (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match di Kelas IV SDN 25 Gadut Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FARIZ_FIRSTYANDIKA_16129172_2755_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV ini dilatar belakangi oleh : Guru belum menciptakan suasana belajar yang aktif, Guru belum menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar dan berfikir peserta didik. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dilakukan penelitian dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan menggunakan model Cooperative Learning tipe Make A Match. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan : Penilaian RPP siklus I yaitu 79,17% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I yaitu 81,25% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik yaitu 79,69% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,62 (Perlu Bimbingan), meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 87,23 (Baik). Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:52
Last Modified: 10 Feb 2022 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36814

Actions (login required)

View Item View Item