Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 42 Talawi.

Azwary, Cindy Savitri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 42 Talawi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_CINDY_SAVITRI_AZWARY_16129018_45_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlatihnya siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah melalui kerjasama kelompok serta kurang menerapkan model-model inovatif yang berbasis kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup menggunakan metode Problem Solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 42 Talawi Kecamatan Koto XI Tarusan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan aspek siswa. Hasil penelitian pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 81% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 83,5% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II 96% dengan kategori amat baik (AB). Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata 83,5% dengan kategori baik (B) meningkat pada siklus II 96% dengan kategori amat baik (AB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai 79,5 dengan kategor cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 87 dengan kategori amat baik (AB). Dengan demikian metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 42 Talawi Kecamatan Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE PROBLEM SOLVING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:11
Last Modified: 10 Feb 2022 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36791

Actions (login required)

View Item View Item