Penyesuaian Diri Siswa Boarding School dan Implikasinya terhadap Layanan BK.

Sasti, Lidia (2021) Penyesuaian Diri Siswa Boarding School dan Implikasinya terhadap Layanan BK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LIDIA_SASTI_17006149_2491_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masa remaja adalah masa dimana anak-anak bertransisi dari fase anak-anak menuju fase dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan biologis, kognitif, dan sosial. Siswa yang telah memasuki tingkatan Sekolah Menengah Atas termasuk kedalam kategori remaja. Pada usia remaja siswa dituntut dapat memenuhi tugas perkembangannya, salah satunya yaitu kemampuan menyesuaikan diri, terkhususnya untuk siswa yang sekolah berbasis boarding school. Salah satu tuntutan siswa boarding school adalah dapat menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan asrama beserta aturan-aturan yang ada di asrama. Kenyataan di lapangan masih ada siswa boarding school yang belum dapat menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan asrama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri dan implikasi terhadap layanan BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA N 3 Painan berjumlah 210 siswa dengan sampel sebanyak 154 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner penyesuaian diri dengan model skala likert. Hasil penelitian secara keseluruhan ini menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa boarding school paling tinggi pada kategori cukup dengan persentase 51.3%. Jika ditinjau dari aspek tidak adanya emosi yang berlebihan penyesuaian diri siswa paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 57.8%, aspek mekanisme pertahanan diri yang minimal penyesuaian diri siswa paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 57.1%, aspek rendahnya frustasi personal penyesuaian diri siswa paling tinggi pada kategori cukup dengan persentase 66.2%, aspek memiliki pertimbangan rasional dan kemampuan mengarahkan diri penyesuaian diri siswa paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 57.8%, aspek memiliki kemampuan untuk belajar paling tinggi pada kategori cukup dengan persentase 57.8%, aspek mampu memanfaatkan pengalaman masa lalu paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 53.9%, aspek memiliki sikap realistik dan objektif penyesuaian diri siswa paling tinggi pada kategori baik dengan persentase 55.8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: REMAJA, BOARDING SCHOOL, BIMBINGAN KONSERLING
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:08
Last Modified: 09 Feb 2022 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36758

Actions (login required)

View Item View Item