Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Vokasional Seni Tari di Kelas XI.C SLB N 2 Padang

Pratiwi, Selvi Rahmadani (2021) Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Vokasional Seni Tari di Kelas XI.C SLB N 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SELVI_RAHMADANI_PRATIWI_17023145_4244_2021.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Drill terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI.C pada mata pelajaran vokasional seni tari di SLB N 2 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Drill. Objek penelitian yaitu siswa kelas XI.C, dengan instrument peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan dan observasi. Sedangkan analisis dengan teknik persentase, teknik persentase yang muncul dibagi dari keseluruhan anak yang hadir dikalikan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Drill dalam pembelajaran vokasional seni tari membuat siswa lebih aktif bersemangat dan lebih mudah memahami materi serta menghafal gerak di dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuannya, pada siklus I pertemuan ke-1 rata-rata persentase 53,8%, pertemuan ke-2 rata-rata perentase 56,6%, pada pertemuan ke-3 rata-rata persentase 71,2%, pada pertemuan ke-4 rata-rata persentase 74%, setelah dilakukan pada siklus II meningkat pada pertemuan ke-1 rata-rata persentase 79,6%, pertemuan ke-2 rata-rata persentase 88%, dan pada peretemuan ke-3 rata-rata persentase 91%. Penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar aspek pengetahuan nilai rata-rata siswa adalah 82, dan pada aspek kemampuan praktek siswa dengan rata rata 70 meningkat menjadi 87,1 dan mencapai kriteria sangat baik. Dengan kata lain didapatkan bahwa penggunaan metode Drill dalam pembelajaran vokasional seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: VOKASIONAL SENI TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:06
Last Modified: 09 Feb 2022 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36746

Actions (login required)

View Item View Item