Profil Siswa Slow Learner (Studi Kasus di MAN 1 Padang Lawas)

Mupida, Anna (2021) Profil Siswa Slow Learner (Studi Kasus di MAN 1 Padang Lawas). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ANNA_MUPIDA_17006121_2452_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya siswa yang lamban dalam belajarnya misalnya: lambat dalam menerima atau menangkap pembelajaran, mengelola pelajaran, membaca, memahami bacaan, bekerja, mengerjakan tugas, memecahkan masalah dan sebagainya. Anak yang lambat belajar ini disebut dengan slow learner. Ketidakmampuan siswa tersebut akan berpengaruh pada diri anak sendiri dan yang berpengaruh pada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mendeskripsikan profil siswa slow learner, (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa slow learner, (3) Untuk megetahui aspek-aspek yang menonjol pada siswa slow learner. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima siswa di MAN 1 Padang Lawas Sumatera Utara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan transkrip wawancara yang telah diverbatim. Hasil penelitian ini mengungkapkan deskripsi profil siswa slow learner yang dilakukan pada kelima subjek, mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa slow learner, dan aspek-aspek yang menonjol pada siswa slow learner. Kelima subjek sulit menghafal, berhitung, dan beberapa kendala lainnya. Sosial mereka yang tidak seperti siswa lainnya, kelima subjek lebih senang diam dan tidak berperan aktif di dalam kelas. Sedangkan emosi mereka yang tidak bisa terkontrol sehingga menjadi ketidaktercapainya tujuan mereka dalam belajar yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru BK sebagai salah satu pedoman dalam menetapkan pemberian layanan BK terutama yang berkaitan dengan siswa slow learner melalui layanan informasi, layanan penguasaan konten dan layanan konseling individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROFIL SISWA, PRILAKU SISWA, BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:48
Last Modified: 09 Feb 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36744

Actions (login required)

View Item View Item