Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan melalui Media Sempoa bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV SDN No. 100920 Sid/Aek Sigama.

Siregar, Salimah Putriana (2021) Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan melalui Media Sempoa bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV SDN No. 100920 Sid/Aek Sigama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2-SALIMAH_PUTRIANA_SIREGAR_16003176_1654_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang ditemukan di SDN No.100920 sid/Aek Sigama, seorang siswa berkesulitan belajar berhitung yang mengalami masalah dalam konsep nilai tempat. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan kemampuan menentukan nilai tempat suatu bilangan bagi anak kesulitan belajar berhitung kelas IV dapat meningkat melalui media sempoa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan teknik analisis visual grafik (Visual Analisis of Grafic Data). Jenis ukuran variabel terikat menggunakan persentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan memberikan soal sebanyak 10 buah soal dalam setiap pertemuan. Hasil analisis data dari 19 pengamatan menunjukkan bahwa media sempoa dapat meningkatkan kemampuan anak kesulitan belajar berhitung dalam menentukan nilai tempat bilangan. Adanya peningkatan kemampuan tersebut dibuktikan dengan, pada awalnya kemampuan peserta didik diukur (A1), dengan perolehan persentase 40%, 20%, 30%, 30%, 30%. Selanjutnya setelah peneliti memberikan intervensi dengan media sempoa (B) selama enam kali pertemuan, maka didapati persentase yang diperoleh meningkat menjadi 70%, 60%, 90%, 80%,80%, 80%. Setelah intervensi dihentikan (A2) subjek memperoleh persentase 80%, 80%, 60%, 70%, 70%, 80%, 80%, 80%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media sempoa dapat meningkatkan kemampuan menentukan nilai tempat suatu bilangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN, KESULITAN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:09
Last Modified: 08 Feb 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36719

Actions (login required)

View Item View Item