Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Kunjung Masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai

Riyanto, Agusman (2021) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Kunjung Masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_AGUSMAN_RIYANTO_17234031_5904_2021.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui minat kunjungan masyarakatke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai; 2) Untuk mengetahui Pengaruh Marketing mix terhadap minat kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yang artinya seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel dengan jumlah sampel 85 orang responden. Penelitian menggunakan instrumen berupa kuesioner pengaruh marketing mix terhadap minat kunjung masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian terhadap responden di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai yang kemudian di analisis menggunakan skala interval 1 hingga 4. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama minat kunjungan masyarakat ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai berdasarkan indikator minat kunjung secara internal bernilai baik dengan skor sebesar 2. 71. Minat kunjung secara internal tersebut meliputi kunjungan perpustakaan karena ingin belajar,adanya rasa jenuh, tertarik oleh promosi dari media sosial, ingin mencari/berjumpa teman, layanannya yang ramah, hingga mudahnya dalam menggunakan alat penelusurannya. Sedangkan secara eksternal minat kujungan juga bernilai baik dengan skor yaitu 2.97. Minat kunjung secara eksternal meliputi perpustakaan yang dapat memberikan informasi yang menarik mudah dilihat,lahan parkir perpustakaan mudah dijangkau, program yang menarik ,ruangan di perpustakaan mendukung ,mengikuti berbagai macam kegiatan dan koleksi perpustakaan ditata dengan rapi. Kedua, pengaruh antara marketing mix terhadap minat kunjung masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai bernilai baik yaitu sebesar 2.98. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif marketing mix terhadap minat kunjung masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:00
Last Modified: 07 Feb 2022 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36684

Actions (login required)

View Item View Item