Pengembangan model Project based Learning berbasis STEMS untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa pada pembelajaran biologi di SMA.

Fajrina, Suci (2021) Pengembangan model Project based Learning berbasis STEMS untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa pada pembelajaran biologi di SMA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SUCI_FAJRINA_18169022_4165_2021.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Hasil riset awal menunjukkan masih rendahnya keterampilan 4C pada diri siswa, karena pembelajaran biologi yang seharusnya menekankan keterlibatan aktif siswa dengan merancang proyek berbasis STEMS belum dilakukan secara optimal. Upaya mengatasi masalah ini dikembangkan model project based learning berbasis STEMS pada pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan Plomp yang terdiri dari yang terdiri dari preliminary research, prototyping phase, assessment phase. Tahap preliminary research dilakukan analisis karakteristik model pembelajaran biologi SMA, analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi pembelajaran. Tahap prototyping phase dilakukan desain prototipe model pembelajaran yang meliputi sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang selanjutnya dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Tahap assessment phase dilakukan uji coba lapangan untuk mengukur tingkat efektivitas model yang dikembangkan. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi model pembelajaran. Data penelitian dari uji praktikalitas diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan siswa. Data penelitian dari uji efektivitas diperoleh dari penilaian keterampilan 4C siswa. Hasil penelitian tahap preliminary research pada analisis karakteristik model pembelajaran biologi SMA diperoleh bahwa pembelajaran biologi harus menekankan pada pada keterlibatan siswa melalui aktivitas membuat proyek. Analisis kurikulum diperoleh bahwa kurikulum yang menjadi landasan pembelajaran biologi SMA adalah Kurikulum 2013. Analisis materi diperoleh materi pembelajaran biologi tentang pencemaran lingkungan. Hasil penelitian pada tahap prototyping phase diperoleh sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang dirancang mengikuti langkah-langkah model project based learning berbasis STEMS untuk meningkatkan keterampilan 4C. Hasil penelitian tahap assessment phase pada uji validitas diperoleh persentase rata-rata tiap aspek pada buku model, buku guru, dan buku siswa berturut-turut pada adalah (3,98); (4, 06); dan (4,47) dengan kriteria valid. Hasil analisis uji prakikalitas model berdasarkan observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 4,06, angket kepraktisan model menurut guru 4,21, dan angket kepraktisan menurut siswa 4,20 dengan kriteria praktis. Selanjutnya hasil uji efektivitas melalui analisis deskriptif, efektif untuk meningkatkan keterampilan 4C siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:26
Last Modified: 07 Feb 2022 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36665

Actions (login required)

View Item View Item