Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Mahar melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Lubuk Basung (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 1 Lubuk Basung).

Rahmadani, Elni (2021) Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Mahar melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Lubuk Basung (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 1 Lubuk Basung). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ELNI_RAHMADANI_17003119_2103_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan guru yang mengajar tentang keterampilan vokasional yang belum maksimal memberikan pelajaran tentang keterampilan membuat kotak mahar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membuat kotak mahar bagi anak tunagrahita ringan kelasIX di SLB Negeri 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classrom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas beserta tiga orang anak tunagrahita ringan yang berjenis kelamin perempuan bernisial MS, PY, dan MP. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil kemampuan anak dalam membuat kotak mahar masih rendah yaitu MS 75%, PY 73% dan MP 73%. Kesulitan yang dialami anak pada siklus I ini terutama yaitu dalam membuat pola, anak belum mampu membuat pola secara mandiri serta masih ada beberapa langkah lainnya dalam membuat kotak mahar anak masih membutuhkan bantuan guru. Setelah siklus I selesai dilanjutkan dengan siklus II, berdasarkan hasil tindakan yang diberikan pada siklus II dapat diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak dalam keterampilan membuat kotak mahar. Kemampuan MS pada siklus II meningkat menjadi 92%. PY 90% dan MP 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESULITAN BELAJAR, PEMBELAJARAN, TUNAGRAHITA RINGAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:50
Last Modified: 04 Feb 2022 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36651

Actions (login required)

View Item View Item