Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis garam Berbasis Guided-Inquiry dengan Representasi Chemistry-Triangle untuk Siswa SMA/MA

Andromeda, Andromeda and Iryani, Iryani and Mawardi, Mawardi and Irham, Shavira Meidina (2015) Pengembangan Bahan Ajar Hidrolisis garam Berbasis Guided-Inquiry dengan Representasi Chemistry-Triangle untuk Siswa SMA/MA. In: Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat:, 2015, Pontianak.

[img]
Preview
Text
ANDROMEDA_Pengembangan_bahan_ajar_hidrolisis_garam_berbasis_guided_inquiry_dengan_representasi_chemistry_triangle_untuk_siswa _MAMA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar materi hidrolisis garam berbasis Guided-Inquiry dengan representasi Chemistry Triangle dalam bentuk lembar kerja siswa yaitu LKS yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA/MA. Jenis penelitian termasuk pada Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah four-D (4-D). Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket. Data hasil penelitian terdiri dari tiga aspek yaitu: validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar. Data validitas dan praktikalitas diolah menggunakan formula Kappa, dan data efektifitas menggunakan persentase. Pada penelitian ini baru terbatas pada uji validitas dan praktikalitas. Validasi bahan ajar dari aspek isi, kebahasaan dan kegrafisan serta kelayakan konstruksi. Data dari validator diperoleh skor rata-rata moment kappa adalah ; 0,795, dan hasil analisis kepraktisan yang dilakukan dengan pengujian terbatas di SMAN 8 Padang diperoleh skor rata-rata nilai kepraktisan 0,95 dari guru dan 0,88 dari siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar hidrolisis garam yang dikembangkan mempunyai kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:54
Last Modified: 04 Feb 2022 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item