Kontribusi Minat Baca terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas

Junizal, Meta (2021) Kontribusi Minat Baca terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_META_JUNIZAL_17016029_4795_2021.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, menjelaskan bagaimana minat baca siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Kedua, menjelaskan bagaimana keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Ketiga, menjelaskan kontribusi minat baca terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas pada tahun ajaran 2020/2021, yaitu sebanyak 353 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan Proportional random sampling 20% dari populasi yaitu 77 orang siswa. Data dalam penelitian ini berupa skor angket minat baca dan skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Instrumen penelitian ini yaitu angket untuk mengukur minat baca dan tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, minat baca siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas berada pada kualifikasi cukup (C) dengan nilai rata-rata 62,87. Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri I Batang Kapas berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,96. Ketiga, terdapat kontribusi minat baca terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas sebesar 73,44%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat baca berkontribusi terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Kapas. Semakin baik minat baca siswa (X) akan semakin baik pula keterampilan membaca pemahaman siswa (Y). Dengan demikian, diperlukan minat baca yang tinggi agar keterampilan membaca pemahaman juga baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT BACA SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36626

Actions (login required)

View Item View Item