Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SDN 15 Ampalu Kota Pariaman.

Zufriadi, Zufriadi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas IV SDN 15 Ampalu Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ZUFRIADI_17129284_4255_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendanya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Guru belum melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang inovatif yang dapat membangkitkan semangat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 15 Ampalu Kota Pariaman dengan jumlah peserta didik 19 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Prosedur penelitan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data berasal dari hasil pengamatan RPP, aspek guru dan peserta didik serta hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata presentase 80,56% dengan kualifikasi baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I dengan rata-rata persentase 81,25% dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kriteria sangat baik (SB), c) pelaksanaan aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata persentase 79,68% dengan kriteria baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 71,83 dengan predikat (B) meningkat pada siklus II menjadi 85,33 dengan predikat (A-). Dengan demikian penerapan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PROJECT BASED LEARNING.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:56
Last Modified: 31 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36553

Actions (login required)

View Item View Item