Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-Nilai Kearifan Lokal ”Tau Jalan Nan Ampek” di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar

Jamrah, Alfian (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Nilai-Nilai Kearifan Lokal ”Tau Jalan Nan Ampek” di Sekolah Menengah Tingkat Atas Kota Batusangkar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ALFIAN_JAMRAH_1204376_4366_2021.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Tujuan didalam penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan di sekolah menengah tingkat atas Kota Batusangkar. Merancang model pendidikan karakter yang tepat dan dapat diterapkan bagi peserta didik di sekolah menengah tingkat atas dan untuk mengetahui efektifitas dalam membantu mengurangi permasalahan karakter pesertadidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Alat pengumpul data berupa angket,lembar observasi,dan pedoman wawancara. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada peserta didik SMTA di Kota Batusangkar. Data kuantitatif diperoleh melalui angket kualitatif data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan berupa perbaikan diberikan secara tertulis. Praktikalitas model pembelajaran karakter nilai-nilai kearifan lokal ”Tau Jalan Nan Ampek” ditentukan berdasarkan respon ahli, guru dan peserta didik terhadap kepraktisan model ini. Dan efektivitas model ini ditentukan dari hasil uji coba yang diperluas. Data validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula Total Capaian Responden (TCR), serta efektivitas dianalisis menggunakan uji-t eksperimen. Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu model pembelajaran karakter “Tau Jalan Nan Ampek” dengan menghasilkan produk berupa Buku Model, Buku Guru dan Buku Siswa. Temuan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dalam meningkatkan karakter berbasis kearifan lokal yaitu “Tau Jalan Nan Ampek”

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:59
Last Modified: 27 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36524

Actions (login required)

View Item View Item