Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi Siswa.

Nofrida, Nofrida (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOFRIDA_17129064_4006_2021.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman saat ini di tandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam dunia pendidikan. Dengan penggunaan media pembelajaran yang diberikan lewat teknologi bertujuan agar peserta didik belajar lebih semangat, kreatif dan memiliki pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan Adobe Flash CS6 berbasis VCT Reportase untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development), dengan menerapkan model 4-D. Yang terdiri dari beberapa tahap Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Mengingat keterbatasan waktu serta biaya peneliti maka penelitian ini hanya sampai pengembangan (develop). Subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang ahli, 1 orang guru serta 20 peserta didik kelas III SDN 32 Bungo Pasang. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian dari media pembelajaran yang dikembangkan, menunjuka hasil: (1) tingkat validitas media 85,2% sedangkan validitas materi 94%, dan validitas bahasa 93.75% dengan kategori valid. (2) respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran dengan Adobe Flash CS6 berbasis VCT Reportase untuk meningkatkan motivasi siswa memperoleh hasil 92,5 % dan 93,75 % (3) media pembelajaran dengan Adobe Flash CS6 berbasis VCT Reportase untuk meningkatkan motivasi siswa di kelas III terhadapt hasil belajar dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SD Negeri 32 Bungo Pasang dinyatakan layak dan praktis dikarenakan ketuntasan rata-rata presentase ketuntasan siswa adalah 80% dan tergolong kategori “tinggi”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MOTIVASI SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:00
Last Modified: 27 Jan 2022 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36509

Actions (login required)

View Item View Item