Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok.

Adelia AS, Muharrani (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUHARRANI_ADELIA AS_17129234_2670_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi proses pembelajaran tematik terpadu yang belum optimal yaitu rendahnya tingkat keaktifan dari peserta didik, kurangnya interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru, serta peserta didik dengan peserta didik lainnya. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru. guru belum mencoba menerapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan proses belajar peserta didik. Hal ini berimbas pada rendahnya proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan perpaduan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Alur penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini ialah guru dan peserta didik kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Dengan jumlah peserta didik 21 orang. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 77,8% kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 94,4% kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I ialah 79,7% kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 93,7% kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II. Pada hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I ialah 79,7% kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 93,7% kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I rata-rata 72,9 kualifikasi baik (C), menjadi 91,6 kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II. Dengan demikian, model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:57
Last Modified: 26 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36498

Actions (login required)

View Item View Item