Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Sumbayang Ampek Puluah Hari dalam Tarekat Syattariyah di Nagari Sintuak (Studdi Etnografi)

Nirmala, Zilfadlia (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Sumbayang Ampek Puluah Hari dalam Tarekat Syattariyah di Nagari Sintuak (Studdi Etnografi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_07_ZILFADLIA_NIRMALA_17329110_4543_2021.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: pertama, sejarah tradisi sumbayang ampek puluah hari dalam tarekat Syattariyah. Kedua, pelaksanaan tradisi sumbayang ampek puluah hari dalam tarekat Syattariyah. Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi sumbayang ampek puluah hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan studi etnografi. Penelitian dilakukan di Nagari Sintuak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan beberapa teknik untuk menguji keabsahan data diantaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, sejarah tradisi sumbayang ampek puluah hari dalam tarekat Syattariyah dimulai pada tahun 1111 Hijriyah. Kedua, adapun pelaksanaan tradisi sumbayang ampek puluah hari dalam tarekat Syattariyah adalah dilaksanakan seperti shalat berjama’ah pada umumnya serta ada penambahan shalat Qadha. Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi sumbayang ampek puluah hari yaitu terdapat nilai spiritual,nilai integritas, nilai sosial serta nilai kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:38
Last Modified: 25 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36472

Actions (login required)

View Item View Item