Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas XI IPA dengan Siswa Kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru

Satyanagara, Fritz Gerald (2021) Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas XI IPA dengan Siswa Kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FRITZ_GERALD_SATYANAGARA_17086030_2344_2021.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi peneliti yaitu belum diketahuinya tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XI IPA dengan siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XI IPA dengan siswa kelas XI IPS di Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS dengan sampel terdiri dari siswa kelas XI IPA berjumlah 20 orang dan siswa kelas XI IPS berjumlah 18 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan Proportional Random Sampling Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tes tingkat kebugaran jasmani yang terdiri dari: 1) Lari 60 meter, 2) Gantung siku tekuk, 3) Baring duduk, 4) Lompat tegak dan 5) Lari 1000 meter untuk putri dan Lari 1200 meter untuk putra Sedangkan analisa data dilakukan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis uji t yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara siswa kelas XI IPA dengan siswa kelas XI IPS dengan nilai thitung 2,49 > nilai ttabel 1,69 adalah signifikan, maka selanjutnya adalah uji hipotesis dengan kesimpulan bahwa siswa kelas XI IPA memiliki tingkat kebugaran jasmani yanglebih baik dibandingkan siswa kelas XI IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:22
Last Modified: 25 Jan 2022 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36453

Actions (login required)

View Item View Item