Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Directed-Project Based Learning (DPjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Tri Pratiwi., Tri Pratiwi. (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Directed-Project Based Learning (DPjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_TRI_PRATIWI_14169029_1085_2021.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tantangan ketuntasan belajar siswa kelas VIII di SMP, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Ingris adalah siswa memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan berbagai teks dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata. Namun, model pembelajaran yang diterapkan belum optimal, menyebabkan kemampuan Bahasa Inggris siswa rendah, salah satunya terlihat pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran DPjBL yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Desain penelitian yang digunakan adalah R & D (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) untuk mengembangkan model pembelajaran DPjBL beserta komponen pendukungnya seperti buku panduan model, panduan guru dan panduan siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi produk, lembar kepraktisan produk, tes, lembar observasi, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII di SMP N 1 Uram Jaya. Penelitian menggunakan evaluasi dari Tessmer yaitu expert judgment, small group evaluation dan field test. Data dianalisis melalui metode kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model DPjBL yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris dinyatakan memiliki validitas dan kepraktisan sangat tinggi. Model DPjBL juga terbukti sangat efektif ditandai dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa, kemampuan language skills siswa serta meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil pengolahan data juga membuktikan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kesimpulan penelitian adalah model DPjBL yang valid, praktis, dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII di SMP N 1 Uram Jaya serta meningkatkan aktivitas belajar siswa dan language skills siswa secara positive. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis merekomendasikan kepada pendidik untuk menjadikan model DPjBL sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalammeningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:03
Last Modified: 25 Jan 2022 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36450

Actions (login required)

View Item View Item