Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Plantet Question pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 48 Daratan Merantih Kambang.

Widodo, Angaa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Plantet Question pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 48 Daratan Merantih Kambang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANGGA_WIDODO_16129285_2957_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kenyataan lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 48 Daratan Merantih Kambang. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Plantet Question di kelas IV SDN 48 Daratan Merantih Kambang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Sekolah Dasar yang berjumlah 25 peserta didik terdiri dari 14 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 85,22% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,45% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian pada aspek guru siklus I yaitu rata-rata diperoleh 85,71% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II 92,63% kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian dari aspek peserta didik siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 85,71% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II 92,63% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil pengamatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,85% dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II menjadi 82,07% dengan kualifikasi (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Plantet Question dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu peserta didik di kelas IV SDN 48 Daratan Merantih Kambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, PLANTET QUESTION, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:02
Last Modified: 25 Jan 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36446

Actions (login required)

View Item View Item