Model Pelatihan Investigasi Gedung Pasca Gempa untuk Meningkatkan Kompetensi Profesi pada Pendidikan Vokasi.

Sutrisno, Sutrisno (2021) Model Pelatihan Investigasi Gedung Pasca Gempa untuk Meningkatkan Kompetensi Profesi pada Pendidikan Vokasi. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SUTRISNO_14193021_4687_2021.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Kerusakan bangunan gedung akibat gempa bumi yang terjadi di Indonesia perlu untuk diselidiki apakah bangunan masih dalam kondisi aman atau tidak untuk digunakan dan memastikan apakah struktur bangunan masih dapat diperbaiki atau tidak. Penyelidikan ini membutuhkan seseorang yang mampu dan kompeten untuk melakukan cara atau langkah yang tepat dalam pemecahannya. Kebutuhan seseorang yang memiliki kompetensi dan mampu menangani hal ini perlu diwujukan melalui pendidikan vokasi. Penelitian ini bertujuan menemukan model pelatihan investigasi gedung pasca gempa yang valid, praktis dan efektif yang dapat memenuhi kebutuhan pendidikan vokasi. Disertasi ini berisi Research and Development, produk dikembangkan dengan prosedur model ADDIE Dick and Carry. Uji validitas model dilakukan dengan memvalidasi konstruk sintak dan isi oleh pakar materi, model dan bahasa. Uji efektifitas dilakukan melalui pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tingkat efektifitas diukur berdasarkan hasil belajar yang meningkat, baik kognitif, afektif dan psikomotor. Katagori kepraktisan dilakukan dengan penyebaran angket kepada instruktur dan peserta pelatihan yang isinya berupa tanggapan tentang produk yang disajikan. Penelitian menghasilkan model pembelajaran AMDAL yang memiliki 6 sintak, yakni; 1) Orientasi, 2) Penyajian Materi, (3) Demonstrasi Skenario, (4) Latihan Terbimbing, (5) Aksi dan Analisis Lapangan, dan (6) Evaluasi. Confirmatory Factor Analysis (CFA) menghasilkan nilai RMSEA kurang dari 0,05 yakni 0,00, nilai P-value lebih dari 0,05 dan nilai x2/df < 2 menunjukkan bahwa sintak model AMDAL berkriteria sempurna (Goodness of fit) dan rangkaian sintak yang valid. Untuk perangkat model, nilai indeks Aiken’s V rata-rata berada diantara 0,6 s/d 1 (0,6 ≤ V ≤ 1), ini berarti bahwa perangkat model memenuhi kriteria valid. Nilai rata-rata Tingkat Capaian Responden (TCR) angket terhadap buku model dan modul sebesar >80% berarti praktis sedang buku panduan instruktur dan peserta pelatihan sebesar >90% berarti sangat praktis. Perbandingan tes awal dengan tes akhir di uji efektifitas terjadi kenaikan sebesar 20,08% di kelas kontrol dan 40,88% di kelas eksperimen serta kenaikan 17,03% hasil posttest antara kelas eksperimen dengan k

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Model AMDAL, Pelatihan Investigasi, Gedung Pasca Gempa, Kompetensi, Pendidikan Vokasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:02
Last Modified: 25 Jan 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item View Item