Kontribusi Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA N Harau.

Fauziyyah, Siti Azizi (2021) Kontribusi Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA N Harau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SITI_AZIZI_FAUZIYYAH_17006108_4901_2021.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya peningkatan perilaku prokrastinasi akademik dikalangan siswa seiring dengan perkembangan teknologi. Siswa melakukan prokrastinasi atau penundaan terhadap pengerjaan atau penyelesaian tugas-tugas akademiknya. Salah satu penyebab terjadinya prokrastinasi akademik ini adalah melakukan kegiatan lain yang dianggap lebih menyenangkan, salah satunya menggunakan media sosial instagram yang dapat diakses melalui jejaring internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap siswa di SMA N 2 Harau, (2) kondisi prokrastinasi akademik pada siswa di SMA N 2 Harau, (3) menguji kontribusi intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA N 2 Harau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel siswa SMA N 2 Harau yang memiliki intensitas penggunaan media sosial instagram yang tinggi dengan durasi penggunaan ≥3 jam/hari dan frekuensi penggunaan ≥4 kali/hari kepada 156 orang siswa pengguna aktif media sosial instagram. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan persentase dan analisis regresi linier sederhana untuk mendeskripsikan kontribusi intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap prokrastinasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) intensitas penggunaan instagram berada pada kategori sedang dengan rata-rata 96,10 sedangkan secara umum dengan rincian data per aspeknya berada pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 102 dan persentase 65,4%, (2) prokrastinasi akademik berada pada kategori sedang dengan rata-rata 90,48 sedangkan secara umum dengan rincian data per aspeknya berada pada kategori tinggi dengan frekuensi 96 dan persentase 61,5%, (3) terdapat kontribusi intensitas penggunaan media sosial instagram terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA N 2 Harau yang signifikan, dengan signifikansi sebesar 0,02<0,05 dengan koefisien regresi sebesar 0,253, dengan persamaan regresi Y= 64, 177+ 0,253X, hal ini berarti semakin tinggi intensitas penggunaan media social instagram maka semakin tinggi juga prokratinasi akademik yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA SOSIAL, AKADEMIK SISWA, INSTAGRAM
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:36
Last Modified: 25 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36425

Actions (login required)

View Item View Item