Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang melalui Pendekatan Model Seven Pillars

Zulino, Rivaldi (2021) Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang melalui Pendekatan Model Seven Pillars. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_RIVALDI_ZULINO_16234030_4452_2021.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perilaku pencarian informasi Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi 2016 melalui pendekatan model Seven Pillars. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi 2016 Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dalam menentukan jumlah sampel, artinya seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel dengan jumlah sampel 32 orang. Penelitian menggunakan instrumen berupa kuesioner perilaku pencarian informasi melalui pendekatan Seven Pillars. Hasil penelitian terhadap perilaku pencarian informasi mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi 2016 melalui pendekatan model Seven Pillars sudah tergolong baik. Pada indikator Identify yaitu kemampuan mengenali atau mengidentifikasi kebutuhan informasi, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Cukup Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 2,09. Pada indikator Scope yaitu kemampuan membedakan dan mengidentifikasi kesenjangan, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 3, 10. Pada indikator Plan yaitu kemampuan dalam strategi pencarian informasi, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 3,14. Pada indicator Gather yaitu kemampuan mencari dan mengakses informasi dan data yang dibutuhkan, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 3,08. Pada indicator Evaluate yaitu kemampuan membandingkan dan mengevaluasi informasi, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 3,03. Pada indicator Manage yaitu kemampuan mengatur infromasi secara profesional dan etis, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 3,17. Pada indicator Present yaitu kemampuan mempresentasikan dan menciptakan pengetahuan barn, perilaku pencarian informasi mahasiswa dikategorikan "Baik" dengan perolehan nilai skor rata-rata 2,69.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:50
Last Modified: 24 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36393

Actions (login required)

View Item View Item