Pengembangan Pelatihan Terbimbing Tentang Problem Based Learning Bagi Instruktur Teknik Operasional Studio

Ezriani, Ezriani (2021) Pengembangan Pelatihan Terbimbing Tentang Problem Based Learning Bagi Instruktur Teknik Operasional Studio. Doctoral thesis, Program Doktor Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_EZRIANI_16169011_4683_2021.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan dilakukan karena kemampuan instruktur dalam melaksanakan problem based learning masih kurang. Mengatasi hal tersebut,instruktur diberi pelatihan terbimbing agar mereka dapat mengimplementasikan problem based learning di dalam kelas masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengembangkan pelatihan terbimbing tentang problem based learning bagi instruktur teknik operasional studio. Kedua, mendapatkan validitas, efektivitas, dan praktikalitas bahan-bahan pelatihan terbimbing. Metode penelitian menggunakan prosedur pengembangan. Tahap pengembangan terdiri dari analisis produk, mengembangkan produk dengan melakukan focus group discussion(FGD), revisi produk, validasi ahli, ujicoba lapangan. Subjek penelitian, para instruktur teknik operasional studio yang tergabung dalam Lesson Study TVRI. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, dilanjutkan dengan analisis kualitatif dengan rumus persentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pengembangan pelatihan terbimbing tentang problem based learning mengikuti prosedur sebagai berikut: (1) melakukan kegiatan analisis kebutuhan pelatihan, (2) desain pelatihan dengan pendekatan pembelajaran PBL (problem based learning), (3) melaksanakan pre-test, (4) melaksanakan pelatihan tatap muka sesuai dengan desain pelatihan yang telah dirancang di tempat pelatihan, (5) post-test 1,(6) implementasi hasil pelatihan secara berkelompok di Pusdiklat TVRI, (7) evaluasi terhadap implementasi hasil pelatihan dan post-test 2 di tempat pelatihan. Kedua, Pengembangan pelatihan terbimbing tentang problem based learning layak digunakan setelah dinilai valid, efektif, dan praktis. Bahan pelatihan yang nilai valid adalah panduan pelatihan terbimbing tentang problem based learning bagi peserta, buku pelatihan terbimbing tentang problem based learning bagi narasumber/instruktur dan RPP pelatihan serta modul desain pelatihan terbimbing. Kepraktisan dapat dilihat dari hasil proses pelatihan tatap muka, modul desain problem based learning, panduan pelatihan terbimbing dan pelaksanaan implementasi terbimbing. efektif dilihat dari hasil pre-test, post-test 1, post-test 2 dan hasil observasi implementasi terbimbing tentang problem based learning

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:48
Last Modified: 24 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36380

Actions (login required)

View Item View Item