Hubungan Pengaruh Lingkungan Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Pada Program Kesetaraan di PKBM Karang Putih II,Kota Padang

Syafitri, Rahmatul (2021) Hubungan Pengaruh Lingkungan Keluarga dengan Kedisiplinan Belajar Pada Program Kesetaraan di PKBM Karang Putih II,Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RAHMATUL_SYAFITRI_17005084_3256_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan belajar anak pada program kesetaraan di PKBM Karang Putih II, Kota Padang diduga karena pengaruh keluarga yang kurang baik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara pengaruh lingkungan keluarga dengan kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Karang Putih II, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua warga belajar program kesetaraan paket A, B, dan C pada tahun 2021 yang berjumlah 87 orang. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel diambil sebanyak 30% dari setiap kelompok belajar, yaitu sebanyak 26 orang sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran pengaruh lingkungan keluarga telah terlaksana dengan baik, (2) gambaran kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Karang Putih telah terlaksana dengan cukup baik, (3) hubungan antara lingkungan keluarga dengan kedisiplinan belajar dikategorikan kuat (signifikan). Dapat dilihat dari sebagian besar warga belajar memberikan pernyataan sering. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hubungan pengaruh lingkungan keluarga dengan kedisiplinan belajar pada program kesetaraan di PKBM Karang Putih II sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN KELUARGA, KEDISIPLINAN BELAJAR, PROGRAM KESETARAAN
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:16
Last Modified: 21 Jan 2022 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36376

Actions (login required)

View Item View Item