Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA Untuk Kelas VIII SMP.

Fitri, Riri Nilta Widia (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA Untuk Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIRI_NILTA_WIDIA_FITRI_17004068_5994_2021.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Media Pembelajaran memiliki peran yang penting dalam menunjang proses pembelajaran. Ketepatan dalam menggunakan media akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam pelaksanaa pembelajaran hendaknya guru dapat memilih media yang menarik dan sesuai dengan pokok bahasan materi agar dapat memberikan hasil yang diharapkan. Karna pemilihan media yang baik dan benar bisa mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, meningkatkan motivasi siwa untuk belajar serta memusatkan perhatian siswa dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media video pembelajaran yang valid dan praktis pada mata pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) (R&D) dengan mengunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Prosedur pengembangan pada penelitian ini ada 5 tahap yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implentation, dan (5) Evaluation. Uji validaitas produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu satu validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Solok dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Alat pengumpualan data yang digunakan adalah lembaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan produk oleh validator media dan validator materi pada media video pembelajaran di dapatkan hasil deskripsi data penilaian oleh validator materi “Sangat Valid” untuk digunakan dengan rata-rata 4,61 dengan persentase 92,3% dan validator media dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 4,67 dengan persentase 93,3%. Berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk media video pembelajaran berada pada kategori “Sangat Praktis” untuk digunakan dengan rata-rata 4,40 dengan persentase 88%. Jadi, berdasarkan uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk media video ini telah valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO, MEDIA PEMBELAJARAN, MATA PELAJARAN IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:18
Last Modified: 20 Jan 2022 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36336

Actions (login required)

View Item View Item