Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VII SMP.

Yulanda, Afdalia (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AFDALIA_YULANDA_17004109_6163_2021.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi di sekolah dalam proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket, guru tidak sepenuhnya menggunakan media sesuai serta belum tersedianya lembar kerja menggunakan pendekatan saintifik. Penerapan K13 harus didukung dengan berbagai perangkat pembelajaran secara aktif mendukung aktivitas belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan LKPD menggunakan pendekatan saintifik pada Mata Pelajaran PPKn kelas VII SMP dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek uji validitas dan praktikalitas. Hasil penilaian yang dilakukan validator materi yaitu rentang kategori 3,83 dengan kategori “valid”. Penilaian yang dilakukan ahli media 1 adalah rentang kategori 3,92 dengan kategori “valid” Sedangkan ahli media 2 rentang kategori 3,85 dengan kategori “valid”. Uji praktikalitas mendapatkan rentang kategori 3,89 dengan kategori “praktis”. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan “layak digunakan” sebagai bahan ajar sehingga membantu proses pembelajaran. Disarankan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan ke tahap uji efektifitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, PENDEKATAN SAINTIFIK, PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:55
Last Modified: 20 Jan 2022 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36333

Actions (login required)

View Item View Item