Hubungan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Biologi dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 1 Junjung Sirih Tahun Pelajaran 2020/2021

Winalda, Egatri (2021) Hubungan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Biologi dengan Kompetensi Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 1 Junjung Sirih Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_EGATRI_WINALDA_17031013_3304_2021.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan mengajar. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara peserta didik untuk menerima informasi, mengatur informasi serta mengolah informasi saat pembelajaran. Tiga macam gaya belajar yaitu gaya belajar visual (belajar dengan dominasi cara melihat), auditorialal (belajar dengan dominasi cara mendengar) dan kinestetik (belajar dengan diminasi cara bergerak, bekerja dan menyentuh). Hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 1 Junjung Sirih, bahwa guru masih jarang menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang bervariasi. Pada saat belajar masing-masing peserta didik kurang memahami gaya belajar (modalitas) yang dimilikinya. Hal ini dapat mengakibatkan tidak seimbang antara gaya belajar peserta didik dengan model, metode ataupun media pembelajaran yang digunakan guru sehingga menyebabkan rendahnya kompetensi kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan kompetensi kognitif peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Junjung Sirih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan November di Kelas XI IPA SMAN 1 Junjung Sirih pada tahun pelajaran 2020/2021. Sampel pada keseluran Kelas XI IPA berjumlah 121 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan antara gaya belajar dengan kompetensi kognitif peserta didik tetapi tidak signifikan. Gaya belajar yang dominan yaitu gaya belajar visual, lalu gaya belajar auditorial dan yang paling sedikit yaitu gaya belajar kinestetik. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara gaya belajar dalam Pembelajaran Biologi dengan kompetensi kognitif peserta didik yang tidak berarti atau tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:28
Last Modified: 20 Jan 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36329

Actions (login required)

View Item View Item