Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Diklat Teknik Digital Jurusan Teknik Elektronika Industri Smk Negeri 1 Merapi Timur

Yondriadi, Yondriadi (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Diklat Teknik Digital Jurusan Teknik Elektronika Industri Smk Negeri 1 Merapi Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_YONDRIADI_15138124_99_2019.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan, permasalahannya adalah: buku yang terbatas dan tidak tersedianya alat-alat pembelajaran berbasis proyek di mata pelatihan Teknik Digital sehingga proses pembelajaran belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Alat Pembelajaran Digital berbasis Proyek yang valid, praktis, praktis agar dapat dilaksanakan di lapangan dan untuk mengetahui bentuk bahan ajar. Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE. Dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Merapi Timur. Jenis data adalah data primer di mana data yang diberikan oleh guru ahli dan siswa. Instrumen pengumpulan data dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data deskriptif untuk menggambarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan pembelajaran berbasis Proyek Digital. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Menghasilkan Pembelajaran Digital berbasis proyek, (2) Validitas alat belajar berbasis Proyek Digital dinyatakan valid pada aspek materi (0,92), aspek format (0,90) dan aspek presentasi (0.89), (3) Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan respon guru sangat praktis (92,50%) dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis (88,02%), (4) Efektivitas Perangkat pembelajaran berbasis Proyek Digital adalah dinyatakan efektif. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa alat pembelajaran berbasis Proyek Digital adalah valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Teknik Digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:43
Last Modified: 18 Jan 2022 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36269

Actions (login required)

View Item View Item