Pelaksanaan Fungsi Pendidikan dalam Keluarga Jamaah Tabligh (JT) di Kota Padang

Dani, Umar (2019) Pelaksanaan Fungsi Pendidikan dalam Keluarga Jamaah Tabligh (JT) di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_UMAR_DANI_17161039_1422_2019.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu menganalisis pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga JT di Kota Padang. Mendiskripsikan bentuk-bentuk pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga JT di Kota Padang. Menganalisis upaya pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga JT di Kota Padang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan cara purposive sampling yang jumlah informan sebanyak 25 orang yaitu, kepala keluarga, istri, anak, tetangga JT di Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), menarik kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga JT di Kota Padang: (1) Pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga seperti, tak’lim dalam keluarga, masturoh, perkumpulan setiap malam Jum’at, memberikan pendampingan anak dalam belajar. (2) Hambatan pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga JT di Kota Padang: keterbatasan waktu dalam keluarga, keterbatasan pengetahuan, dominan waktu untuk berdakwah, ekonomi dalam keluarga (3) Upaya pelaksanaan fungsi pendidikan dalam keluarga JT di Kota Padang: mendatangkan guru privat, memanfaatkan waktu luang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:43
Last Modified: 18 Jan 2022 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36251

Actions (login required)

View Item View Item