Pengembangan Media Audio Visual Animasi Pada Pembelajaran Vokasional Seni Musik Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 2 Padang”

Permana, Cecep (2019) Pengembangan Media Audio Visual Animasi Pada Pembelajaran Vokasional Seni Musik Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 2 Padang”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_CECEP_PERMANA_16167022_1525_2019.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual animasi pada pembelajaran vokasional seni musik bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini termasuk kepada penelitian yang menghasilkan produk baru dalam sistem pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan pengembangan model ADDIE (Analysis- Desain- Develop- Implement- Evaluate). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, studi literature dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu memaparkan hasil pengembangan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia, menguji tingkat validasi dan kelayakan produk untuk diimplementasikan pada pembelajaran Vokasional seni musik materi drum band lagu Indonesia raya. Hasil penelitian ini menunjukan kepada hasil belajar memenuhi standar penilaian dan sesuai dengan ketuntasan yang telah di tetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual animasi pada pembelajaran vokasional seni musik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, valid, efektif, dan praktis sesuai dengan penilaian dari ahli dan validator jika dibandingkan dengan media pembelajaran Selain itu kehadiran media audio visual animasi dapat meningkatkan konsentrasi, komunikasi dan mengekspresikan diri, respon terhadap materi, sehingga kemampuan siswa dalam pembelajaran vokasional seni musik berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:42
Last Modified: 18 Jan 2022 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36239

Actions (login required)

View Item View Item