Pembentukan Verba Berafiks dalam Bahasa Minangkabau di Desa Batu Basa Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Eldilawati, Eldilawati (2021) Pembentukan Verba Berafiks dalam Bahasa Minangkabau di Desa Batu Basa Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ELDILAWATI_17017006_6149_2021.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis, pola, serta makna pembentukan verba berafiks dalam bahasa Minangkabau di Desa Batu Basa, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman. Bahasa Minangkabau di daerah itu memiliki variasi bahasa yang berbeda dari bahasa Minangkabau pada umumnya seperti menghilangkan fonem R dan berubah menjadi GH dalam pengucapannya, misalnya kata bakarajo akan menjadi bakaghajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang mengandung verba berafiks yang diungkapkan oleh masyarakat di Desa Batu Basa, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 2021, sedangkan sumber data yang digunakan adalah kalimat dalam tuturan bahasa Minangkabau dialek Pariaman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dan metode cakap yang dilanjutkan dengan teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode translasional. Kegiatan analisis data dilakukan dengan langkah (1) mengamati dan menginventarisasi data, (2) menganalisis data untuk mengidentifikasi, (3) klasifikasi data, (4) menguji hasil analisis data, dan (5) menemukan kaidah kebahasaan. Dalam penelitian ini, ditemukan 172 verba berafiks dalam tiga jenis afiksasi, yaitu prefiks yaitu (a) prefiks, yaitu ba- sebanyak 35 data, maN- sebanyak 63 data , di- sebanyak 7 data, ta- sebanyak 17 data, ka- sebanyak 6 data. (b) sufiks, yaitu –an sebanyak 15 data dan –i sebanyak 4 data. (c) konfiks, yaitu pa-an sebanyak 3 data, di�an sebanyak 6 data, dan maN-an sebanyak 16 data.Pola pembentukan verba berafiks dalam bahasa Minangkabau di Desa Batu Basa Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman, yaitu jenis afiksasi + D(V/N/Adj) = verba turunan Makna Verba Berafiks, yaitu, (Prefiks) prefiks ba- menyatakan makna „melakukan dan mengendarai‟. Prefiks maN- menyatakan makna „melakukan‟. Prefiks di- menyatakan makna „melakukan‟. Prefiks ta- menyatakan makna „melakukan sesuatu tanpa disengaja‟. Prefiks ka- menyatakan makna „rencana‟. (sufiks) sufiks –an menyatakan makna „melakukan sesuatu untuk orang lain‟. Sufiks –i menyatakan makna „melakukan sesuatu pada‟. (konfiks) konfiks pa-an menyatakan makna „jadikan ber‟. Konfiks di-an menyatakan makna „melakukan sesuatu untuk orang lain‟. Konfiks maN-an menyatakan makna „ melakukan sesuatu untuk orang lain‟ berdasarkan konteksnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:58
Last Modified: 17 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36237

Actions (login required)

View Item View Item