Implementasi Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sitiung

Safaat, Ahmad Ridha (2021) Implementasi Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sitiung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AHMAD_RIDHA_SAFAAT_17016002_6150_2021 (1).pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal. Pertama, untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sitiung. Kedua, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia ketika melaksanakan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Sitiung. Ketiga, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1Sitiung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Sitiung dan siswa SMP Negeri 1 Sitiung. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara triangulasi (cross-chek). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, implementasi pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sitiung belum menuai hasil yang memuaskan. Proses pembelajaran daring yang dilakukan belum sesuai dengan standar kompetensi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran bahasa Indonesia secara daring di SMP Negeri 1 Sitiung belum tercapai. Kedua, kendala-kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah kepemilikan handphone, ketidakstabilan jaringan, kurangnya motivasi belajar siswa, dan keterlambatan pengumpulan tugas. Ketiga, upaya guru untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan pembelajaran daring dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sitiung adalah sebagai berikut. Perpanjangan waktu belajar daring bagi siswa, supaya siswa tersebut berkesempatan untuk mengikuti pembelajaran secara daring dengan cara meminjam handphone kepada orangtua atau saudaranya. Selain itu, siswa juga mempunyai kesempatan untuk mencari lokasi dengan sinyal yang stabil, agar pembelajaran daring terlaksana dengan baik, sehingga dengan adanya perpanjangan waktu pelaksanaan pembelajaran daring, tugas siswa pun dapat dikumpulkan dengan baik walaupun terkendala sinyal. Terkait dengan masalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring, seorang guru hendaknya memberikan sebuah materi pelajaran yang unik, yaitu dengan cara mengirimkan sebuah video pembelajaran atau media pembelajaran lainnya yang menarik, supaya siswa tidak merasa jenuh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sitiung belum dilaksanakan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:58
Last Modified: 17 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36227

Actions (login required)

View Item View Item