Pengaruh Model Snowball Throwing (ST) Berbantuan Lembar Kegiatan Bernuansa Problem Solving dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik SMPN 1 Koto Baru

Putri, Yola Enita (2019) Pengaruh Model Snowball Throwing (ST) Berbantuan Lembar Kegiatan Bernuansa Problem Solving dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik SMPN 1 Koto Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_YOLA_ENITA_PUTRI_17177038_3091_2019.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di kelas VII SMPN 1 Koto Baru menunjukan bahwa kurangnya keberanian peserta didik dalam mengeluarkan idea tau pendapat saat pembelajaran berlangsung dan hasil belajar peserta didik masih di bahwa KKM yang telah ditetapkan, unruk mengatasi permasalhan diatas maka digunakanlah model snowball throwing throwing (ST) berbantuan lembar kegiatan bernuansa problem solving.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model snowball throwing (ST) berbantuan lembar kegiatan bernuansa problem solving terhadap kompetensi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Posted Only Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Koto Baru yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik Puposive Sampling dan didapatkan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontol. Instrumen yang digunakan berupa soal objektif, lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Analisis data dengan menggunakan uji anava dua arah untuk pengetahuan, uji Mann Whitney U untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dimana nilai kompetensi pengetahuan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen adalah 78,04 dan kelas kontrol 67.73. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi belajar aspek pengetahuan peserta didik yang mengikuti model Snowball Throwing berbantuan lembar kegiatan bernuansa Problem Solving berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:01
Last Modified: 17 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36210

Actions (login required)

View Item View Item