Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Kurani, Rozalita (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ROZALITA_KURANI_17205037_4146_2019.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 26 Padang masih rendah. Hal ini disebabkan belum adanya perangkat pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis model guided inquiry yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD). Pengenbangan perangkat pembelajaran ini menggunakan pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yakni fase investigasi awal, fase pengembangan prototipe, dan fase penilaian. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Padang Tahun Pelajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan selama penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. sebelum instrumen digunakan dalam pengumpulan data, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP dan LKPD matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model guided inquiry yang dikembangkan telah valid dari segi didaktik, isi, bahasa dan kegrafikaan. Perangkat pembelajaran matematika berbasis model guided inquiry yang dikembangkan juga telah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, data wawancara bersama pendidik dan peserta didik, serta data angket respon peserta didik. Selain itu, perangkat pembelajaran matematika berbasis model guided inquiry juga telah efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh peserta didik setiap pertemuannya dalam mengerjakan LKPD yang rata-rata meningkat dan berdasarkan data hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang dilaksanakan, yaitu 86,6% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM yang telah ditentukan sekolah, yakni 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:22
Last Modified: 14 Jan 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36189

Actions (login required)

View Item View Item