Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VII di SMPN 3 Rambatan

Fulta, Restu Quslam (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VII di SMPN 3 Rambatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RIKO_ROMAS_PRAYUDA_16175049_2019.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VII di SMPN 3 Rambatan menunjukkan bahwa kompetensi peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Quantum Learning dan Kemampuan Awal di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Quantum Learning dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Peserta Didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Rambatan, tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Quantum Learning dan Kemampuan Awal dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakukan model konvensional dan Kemampuan Awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pengetahuan, dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Anava Dua Arah untuk kompetensi pengetahuan, serta uji Mann Whitney U untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kompetensi belajar IPA peserta didik kelas eksperimen 75,83 berpengaruh positif daripada peserta didik kelas kontrol 68,65. Dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning dan Keamampuan Awal berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:21
Last Modified: 14 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36187

Actions (login required)

View Item View Item