Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan dan Ekskresi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI

Sintia, Minda (2019) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan dan Ekskresi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_MINDA_SINTIA_17177022_1833_2019.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk terlibat aktif menemukan ilmu pengetahuan. Proses pembelajaran tidak terlepas dari peranan bahan ajar, salah satunya adalah modul. Bahan ajar sebaiknya memiliki salah satu model yang dianjurkan Kurikulum 2013. Salah satu model pembelajaran yang dianjurkan pada Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mnghasilkan modul berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum, angket praktikalitas untuk dosen dan mahasiswa, dan lembar pengamatan kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa. Uji coba lapangan dilakukan pada 36 orang peserta didik kelas XI MIPA 1. Data dianalisis secara deskriptif dan eksperimen dengan mempersentasekan hasil yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas modul berbasis inkuiri terbimbing memperoleh rata-rata nilai 82,31% dengan kategori sangat valid. Artinya, modul ini memiliki kualitas yang bagus berdasarkan penilaian pakar pada aspek didaktik, kontruksi, teknis, dan bahasa. Nilai praktiklaitas menurut guru memperoleh rata-rata 92,70% dengan kategori sangat praktis dan penilaian peserta didik memperole nilai 89,11dengan kategori sangat praktis. Modul ini dikategorikan efektif karena kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Peningkatan kompetensi ini dikarenakan peserta didik melakukan pembelajaran dengan mengikuti langkah inkuiri terbimbing. Jadi, modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pernapasan dan ekskrsei untuk peserta didik kelas XI SMA sudah valid, praktis, dan efekif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:36
Last Modified: 13 Jan 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item View Item