Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (BPL) disertai LKS Terhadap Kompetensi Belajar Siswa kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan

Iskandar, Ingriani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (BPL) disertai LKS Terhadap Kompetensi Belajar Siswa kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_INGRIANI_ISKANDAR_15177059_1407_2019.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan menunjukkan bahwa kompetensi siswa pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning disertai LKPD di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning disertai LKPD terhadap kompetensi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes objektif dan lembar observasi sikap dan keterampilan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk kompetensi pengetahuan, serta uji Mann Whitney U untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kompetensi belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:11
Last Modified: 12 Jan 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36156

Actions (login required)

View Item View Item