Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo

Rahmawati, Fidia (2021) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FIDIA_RAHMAWATI_17329124_4547_2021.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhatian orang tua terhadap siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo, mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari dan melihat bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan teknik penganalisisan data deskriptif kuantitatif, uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas untuk uji hipotesis dilakukan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini yaitu siswa siswi SD Negeri 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo yang berjumlah 131 siswa dan sampel yang di peroleh yaitu sebanyak 44 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IV dan kelas V SD 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo yang terdaftar pada tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa-siswi yang melakukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 161/II Bukit Sari. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa-siswi SD Negeri 161/II Bukit Sari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua siswa SD 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan interval 143–171 dengan jumlah 33 siswa atau sebesar 75%. Sedangkan prestasi belajar siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari Kabupaten Bungo tergolong dalam kategori sedang. Hal ini ditunjukkan pada interval 75-81 sebanyak 24 siswa atau sebesar 54,5%. Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri 161/II Bukit Sari. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Uji T menggunakan SPSS for Windows 24.0 dari hasil analisis Uji T diperoleh thitung > ttabel (2,309 > 1,682) menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil perhitungan dari analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai Fhitung = 5,330 dan Ftabel = 4,067 dengan nilai signifikansi 0,026 < 0,05. Jadi Fhitung > Ftabel (5,330 > 4,067) sehingga dapat diartikan bahwa Ha diterima. Artinyaterdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36113

Actions (login required)

View Item View Item