Kendala Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur di Tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Darmawati, Darmawati (2021) Kendala Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur di Tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DARMAWATI_17045005_2991_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi apa yang digunakan siswa dan guru selama pembelajaran daring, bagaimana dan apasaja kendala siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring tersebut. Seperti yang kita ketahui pandemi covid-19 masih terus melanda Indonesia yang berdampak pada dunia pendidikan yang membuat pemebelajaran daring terus berlaku di berbagai daerah guna mengurangi dan mencegah penyebaran covid-19 itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan wawancara. Teknis analisis data dengan pengumpulan data menggunakan analisis statistik tertentu dengan menggunakan rumus persentase.Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Tanjung Jabung Timur , populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI juga tenaga pendidik, sampel sebanyak 52 siswa dengan metode slovin. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah , 1). Aplikasi yang digunakan siswa maupun guru selama pembelajaran daring adalah WhatsApp Group (WAG) sebanyak 88%. 2) kendala siswa selama pembalajaran daring adalah jaringan internet, paket data dan ketersediaan smartphone, dan yang menjadi kendala utamanya adalah jaringan yang tidak memadai. Pada aplikasai google classroom kendala jaringan yang didapatkan sebanyak 86%, dalam aplikasi WAG kendala jaringan yang didapatkan sebanyak 77%, dalam aplikasi edmodo kendala jaringan yang didapatkan sebanyak 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: APLIKASI PEMBELAJARAN DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:42
Last Modified: 06 Jan 2022 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36086

Actions (login required)

View Item View Item