Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Role Playing di Kelas V SDN 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.

Oktavia, Vina Rizky (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Role Playing di Kelas V SDN 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_VINA_RIZKY_OKTAVIA_4440_17129096_2021.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang tidak dikembangkan sesuai pada kurikulum 2013, pada proses pembelajaran guru belum memperkenalkan peserta didik dengan masalah-masalah nyata yang dekat lingkungan peserta didik. Hal ini disebabkan oleh guru dalam pembelajaran hanya fokus terhadap buku peserta didik dan menerangkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan dan pelaksanaan menggunakan model Role Playing. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas V SDN 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan berjumlah 20 orang.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengamatan RPP siklus I rata-rata 84,72% kualifikasi baik, meningkat menjadi 94,44% kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas guru siklus I rata-rata 82,14% kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 82,14% kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% kualifikasi sangat baik pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dapat meningkat proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 08 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:31
Last Modified: 05 Jan 2022 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36079

Actions (login required)

View Item View Item