Penggunaan Media KIT Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Sudut pada Siswa Kelas IV SDN 13 Guguak Randah Kabupaten Agam.

Novia, Triananda (2021) Penggunaan Media KIT Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Sudut pada Siswa Kelas IV SDN 13 Guguak Randah Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_TRIANANDA_NOVIA_4239_17129272_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan dilapangan bahwasannya dalam proses pembelajaran matematika guru kurang memanfaatkan media KIT matematika atau alat peraga, KIT matematika hanya disimpan di perpustakaan dan jarang digunakan, siswa kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan guru karena proses pembelajaran yang monoton dan banyak menggunakan metode ceramah, suasana pembelajaran kurang menarik dan kurang bervariasi, dan masih banyak siswa yang berbicara saat pembelajaran berlangsung. Sehingga hal ini berdampak kepada hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media KIT matematika untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran sudut pada siswa kelas IV SDN 13 Guguak Randah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada bulan April dan Mei bertepatan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 13 Guguak Randah dimana tercatat siswa sebanyak 15 orang, yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dri siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil penelitian yaitu pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata82,5% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh rata-rata 82,14% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,86% (SB), sedangkan pada aspek siswa, siklus I memperoleh rata-rata 80,36% (B) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,86% (SB), c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 79,51 (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,34 (B). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian maka dapat disimpulkan penggunaan media KIT matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pengukuran sudut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36078

Actions (login required)

View Item View Item