Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V UPTD SD Negeri 02 Tujuah Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota

Adelia, Rahmi (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V UPTD SD Negeri 02 Tujuah Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_RAHMI_ADELIA_2386_17129251_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di UPTD SD Negeri 02 Tujuah Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil pengamatan yang ditemukan di lapangan, yaitu guru belum optimal dalam merancang RPP, model dan pendekatan pembelajaran yang belum variatif, dan kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu yang meliputi: a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Pengamatan.Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay di kelas V UPTD SDN 02 Tujuah Koto Talago. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siklus I pertemuan 1 hari Jumat Tanggal 26 Februari 2021, siklus I pertemuan 2 pada hari Rabu tanggal 03 Maret 2021, dan siklus II pada hari Jumat tanggal 12 Maret 2021.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, RPP pada siklus I dengan rata-rata 79,16%(B) meningkat pada siklus II 97,22%(AB). Penilaian pelaksanaan dari aspek guru siklus I dengan rata-rata 80,91%(B) meningkat pada siklus II 95,05%(AB), dan aspek siswa siklus I dengan rata-rata 79,6%(B) meningkat pada siklus II 94,73%(AB). Model CRH telah mampu meningkatkan proses belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu di kelas V UPTD SD Negeri 02 Tujuah Koto Talago.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Proses Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:29
Last Modified: 05 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36065

Actions (login required)

View Item View Item